5 Gunung Pilihan Untuk Didaki Di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia ibarat surga bagi para pemburu adrenalin dan petualangan. Ada sungai yang bisa diarungi, gunung yang bisa didaki, lautan yang diselami, juga hutan-hutan yang bisa dijelajahi.

Nah, buat Anda yang gemar mendaki gunung, ujung barat sampai timur Indonesia menawarkan jalur pendakian yang menantang lengkap dengan keindahannya. Penasaran?

BACA: Ke Mana Destinasi Liburanmu Berikutnya? Tentukan di Sini

KompasTravel punya lima pilihan gunung di Indonesia yang bisa dicoba. Ada Gunung Kerinci di Jambi, Gunung Sibayak di Sumatera Utara, Gunung Bawakaraeng di Sulawesi Selatan, Gunung Binaiya di Ambon, dan Gunung Bukit Raya di Kalimantan Barat.

Gunung Kerinci yang berstatus gunung tertinggi di Sumatera ini menawarkan sensasi pendakian di tengah hutan tropis. Anda akan memasuki hutan tropis yang lebat dengan jalur pendakian yang bervariasi, mulai dari licin, menanjak, hingga merangkak.

Adiseno Pendakian Binaiya di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Jika ingin mendaki gunung yang lebih menantang, Gunung Bukit Raya di Kalimantan Barat bisa menjadi pilihan. Perjalanan untuk menempuh titik awal pendakian Gunung Bukit Raya harus melewati jalur sungai menggunakan perahu terlebih dahulu.

Di Gunung Bukit Raya, Anda bisa merasakan lebatnya hutan hujan tropis khas Kalimantan. Perjalanan juga bervariasi mulai dari jalur yang landai hingga menanjak, dengan pemandangan punggung gunung dan sungai.

Jika traveling bersama keluarga, opsi yang bisa digunakan yaitu Gunung Kaba di Bengkulu. Di Gunung Kaba, Anda bisa menikmati perjalanan di tengah hutan yang masih termasuk kawasan konservasi.

Perjalanan ditempuh lebih kurang dua jam menuju puncak. Puncak Gunung Kaba menyuguhkan panorama kawah yang masih mengepul.

KOMPAS/RENY SRI AYU Beberapa pendaki menikmati suasana hutan di Gunung Bawakaraeng, dalam perjalanan menuju Lembah Ramma. Hutan rapat dengan pepohonan besar adalah sebagian keindahan yang dapat dinikmati dalam perjalanan ke Lembah Ramma. Pesona lembah ini sejak beberapa tahun terakhir menarik minat banyak orang untuk berkunjung.

Sementara itu, Gunung Bawakaraeng menjadi pilihan lainnya. Di Gunung Bawakaraeng Anda bisa menikmati jalur pendakian yang bervariasi, mulai dari yang tertutup kanopi, melewati bebatuan penuh lumut, hingga medan yang terbuka.

Jika pergi ke arah timur Indonesia, Gunung Binaiya bisa dipilih. Gunung Binaiya bisa didaki selama lebih kurang tiga hari.

Selama mendaki, Anda bersama rekan pendakian akan disuguhkan dengan budaya masyarakat setempat, panorama jalur berbatu, jajaran bukit, dan hutan rimba nan lebat. Gunung ini berada di Pulau Seram dengan pintu masuk menuju Pulau Seram adalah Ambon, ibu kota Provinsi Maluku.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Panorama di Gunung Sibayak, Sumatera Utara.

Nah, masih ingin mencari referensi tujuan mendaki gunung lainnya? Tak perlu khawatir, KompasTravel menghimpun destinasi-destinasi wisata lain Indonesia untuk mendaki gunung laindi Visual Interaktif Kompas (VIK) Vakansi Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/.

Kunjungi VIK Vakansi Indonesia untuk mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan, mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/02/27/220200627/5.gunung.pilihan.untuk.didaki.di.indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *