Barang Bawaan Rombongan Raja Salman Setara 82 Gajah Sumatera Dewasa

JAKARTA, KOMPAS.com – Rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz membawa barang-barang seberat 497 ton secara bertahap. Ternyata, total berat barang-barang rombongan Raja Salman ke Indonesia setara dengan berat 82 gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus).

Berat seekor gajah Sumatera dewasa bisa mencapai enam ton. Sementara untuk berat bayi gajah Sumatera berkisar 40-80 kilogram.

Nah, jika gajah Sumatera dijajarkan pada satu tempat, setidaknya perlu 82 gajah untuk bisa mengimbangi berat bawaan rombongan Raja Salman.

KOMPAS.com/ DASPRIANI Y ZAMZAMI Ilustrasi: Dua ekor gajah sumatera jinak sedang berlatih di sebuah komplek CRU di Aceh. Gajah-gajah jinak ini digunakan sebagai polisi untuk mengusir gajah liar yang mengusik kebun warga. Tapi sayang, kini hanya ada 2 CRU saja di Aceh, sehingga konflik satwa-manusia masih sering terjadi di aceh, terutama konflik gajah. ***** K12-11

Gajah Sumatera adalah hewan yang berhabitat di Pulau Sumatera. Gajah Sumatera tersebar mulai dari Provinsi Lampung hingga Aceh.

Beberapa taman nasional di Pulau Sumatera menjadi habitat gajah ini. Salah satunya Taman Nasional Way Kambas.

Adapun barang-barang milik Raja Salman beserta rombongan diangkut oleh PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS). Dari jumlah tersebut, sebanyak 63 ton diangkut melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sedangkan 396 ton diangkut melalui Bandara Ngurah Rai Denpasar.

dok JAS Kendaraan milik Raja Salman yang diturunkan dari pesawat pengangkut di Bandara Halim Perdanakusuma.

“Kami telah mengangkut makanan dan minuman untuk Raja Arab, juga peralatan kerja. Selain itu, kita juga angkut furnitur dan mesin X-ray,” ujar Presiden Direktur PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Adji Gunawan di dalam konferensi pers di Bandara Halim, Jakarta, Jumat (24/2/2017) lalu.

Selain itu, terang Adji, perusahaan juga mengangkut empat unit mobil merek Mercy tipe S600 yang telah didatangkan masing-masing pada tanggal 23 Februari 2017 di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, dan 18 Februari 2017 di Bandara Ngurah Rai Denpasar.

BACA: Makanan Mewah untuk Raja Salman Selama Berada di Pesawat

Sementara itu, Station Manager JAS Bandara Halim Perdanakusuma Satriana menuturkan bahwa perusahaan juga mengangkut dua tangga elektrik seperti eskalator khusus yang difungsikan sebagai tangga turun pesawat Raja Arab Saudi.

Tangga tersebut juga telah datang di dua bandara tersebut pada tanggal 21 Februari 2017 dan 22 Februari 2017.

Raja Salman tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/3/2017) sekitar pukul 12.35 WIB. Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyambut langsung di Bandara Halim sekitar pukul 12.00 WIB. Rombongan kemudian bertolak ke Istana Bogor.

*********

KompasTravel menghimpun 48 destinasi di seluruh Indonesia yang cocok dengan preferensi traveling Anda. Mulai dari indahnya wilayah barat Indonesia yakni Provinsi Aceh, hingga eksotisme kawasan timur Nusantara yakni Raja Ampat dan Papua.

Inilah Visual Interaktif Kompas (VIK) Vakansi Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/

VIK Vakansi Indonesia adalah panduan lengkap untuk destinasi traveling Anda selanjutnya. KompasTravel juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan, mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/01/210300927/barang.bawaan.rombongan.raja.salman.setara.82.gajah.sumatera.dewasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *