Ini Kalender Wisata Padang Tahun 2017

PADANG, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengagendakan sebanyak 15 agenda besar di sektor pariwisata selama 2017 sebagai upaya mempromosikan daerah dan menarik minat wisatawan berkunjung.

“Banyak event-event wisata yang akan diselenggarakan selama 2017, namun 15 di antaranya berskala besar dan akan dimaksimalkan pelaksanaannya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi di Padang, Rabu (1/3/2017).

Ia mengatakan acara-acara tersebut telah terangkum dalam kalender wisata Kota Padang dan pelaksanaannya dimulai sejak Februari 2017.

Ia menyebutkan dua agenda wisata telah dilaksanakan di antaranya Festival Anak Nagari pada 6 hingga 8 Februari 2017 serta Pendirian dan Pengembangan Industri Kreatif Pariwisata pada 27 Februari hingga 2 Maret.

(BACA: 5 Fakta Unik Seputar Rumah Makan Padang)

Kemudian, menurut Medi, pada April 2017 akan digelar lima agenda wisata yang termasuk di antaranya untuk memecahkan rekor Muri.

Ia menjelaskan pada bulan tersebut akan dilaksanakan Lomba Selaju Samoan pada 12 hingga 15 April di Banda Bakali, pemecahan rekor Muri dengan penampilan 1.000 Baju Kuruang Basiba di Pantai Padang dan Festival Siti Nurbaya pada 13 hingga 17 April di Pantai Padang.

Selain itu, pemerintah setempat juga akan Pemilihan Uda dan Uni Kota Padang pada 17 hingga 29 April di Hotel Kyriad Bumi Minang dan Padang Fair pada 28 April hingga 8 Mei 2017.

(BACA: Tidak Ada Rumah Makan Padang di Sumbar, Benarkah?)

Kemudian pada Juli 2017 akan digelar agenda paling akbar bertaraf internasional yakni Pertemuan Ulama se-Asia Tenggara tepatnya 16 hingga 23 Juli.

“Pada Juli, Padang akan jadi lokasi finis penyelenggaraan Tour de Singkarak tepatnya di Pantai Cimpago,” ujarnya.

Serta diadakan pula Lomba Qasidah Lasqi se-Indonesia pada bulan yang sama dan Padang menjadi tuan rumahnya.

Kompas.com/Silvita Agmasari Makan bajamba, makan bersama khas Minangkabau.

Pada September, lanjut Medi, Padang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Minangkabau Halal Tourism Fair serta Musyawarah Besar Dewan Ekonomi Syariah Indonesia.

“Pada 6 September, Padang jadi tuan rumah Festival Kuliner Minangkabau di Taman Melati,” ujarnya.

Selanjutnya, pada 1 Agustus 2017 dilaksanakan Festival Dragon Boat Internasional di Banda Bakali serta Pawai Telong-Telong di Pantai Cimpago pada 6 Agustus 2017.

Medi menambahkan, terdapat pula acara untuk menghidupkan seni budaya Minangkabau dengan menampilkan sejumlah sanggar di Gelanggang Siliah Baganti tiap minggu kedua dan keempat setiap bulannya.

*****

KompasTravel menghimpun 48 destinasi di seluruh Indonesia yang cocok dengan preferensi traveling Anda. Mulai dari indahnya wilayah barat Indonesia yakni Provinsi Aceh, hingga eksotisme kawasan timur Nusantara yakni Raja Ampat dan Papua.

Inilah Visual Interaktif Kompas (VIK) Vakansi Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/

VIK Vakansi Indonesia adalah panduan lengkap untuk destinasi traveling Anda selanjutnya. KompasTravel juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan, mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/01/223000827/ini.kalender.wisata.padang.tahun.2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *