Ini Rute Pawai Lampion Dan Tatung Cap Go Meh Di Singkawang

SINGKAWANG, KOMPAS.com – Puncak perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, akan dimulai pada Kamis (9/2/2017) hingga Sabtu (11/2/2017).

Sekretaris Panitia Festival Cap Go Meh 2568 Singkawang, Andy Victorio, mengatakan bahwa agenda pertama adalah pawai lampion dan kendaraan hias yang akan dimulai pada pukul 19.30 WIB.

BACA JUGA: Naga 178 Meter Akan Meriahkan Cap Go Meh di Singkawang

Rute yang akan dilalui dimulai dari halaman Stadion Kridasana di Jalan Pelita, kemudian diteruskan ke Jalan Gusti Lelalanang, belok ke Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Niaga, Jalan Budi Utomo, Jalan Nusantara, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kalimantan, Jalan Setia Budi, Jalan GM Situt, Jalan Yohana Godang, dan berakhir di Singkawang Grand Mall di Jalan Alianyang.

“Pawai Lampion Festival Cap Go Meh tahun ini akan dimeriahkan oleh atraksi permainan replika sosok naga sepanjang 178 meter, yang merupakan sumbangsih partisipasi dari Santo Yosep Singkawang Group,” ujar Andy, Rabu (8/2/2017).

Panitia Cap Go Meh 2568 Singkawang Rute parade Tatung Festival Cap Go Meh 2568 di Singkawang, Kalimantan Barat

Pada Jumat (10/2/2017) akan dilaksanakan ritual bersih kota yang dilakukan oleh para Tatung. Mereka nantinya akan berkeliling kota sembari mengunjungi wihara-wihara besar di Kota Singkawang.

“Harapan dari ritual bersih kota ini supaya Kota Singkawang terhindar dari marabahaya, aura negatif, terhindar dari penyakit, serta mendatangkan berkah, memberikan kedamaian dan kesejahteraan untuk masyarakat,” ujar Andy.

Acara puncak hari ke lima belas atau Cap Go Meh sendiri jatuh pada hari Sabtu (11/2/2017). Andy menambahkan, untuk rute parade Tatung pada tahun ini sedikit mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Peserta Tatung akan berkumpul di Jalan Alianyang, tepatnya di antara persimpangan Jalan SM Tsyafieoddin dan Jalan Firdaus dekat kantor Wali Kota.

BACA JUGA: Catat, Ini Agenda Festival Cap Go Meh 2568 di Kota Singkawang

Titik start akan dimulai di dekat Kantor BPN, kemudian peserta menuju Jalan Firdaus dan melewati panggung kehormatan yang letaknya persis di depan kantor Wali Kota. Posisi panggung kehormatan pada tahun ini mengalami perubahan dari tahun sebelumnya.

Kantor Wali Kota Singkawang dipilih sebagai panggung kehormatan karena dinilai lebih representatitf. Dari Jalan Firdaus, rute kemudian dilanjutkan menuju Jalan Pangeran Diponegoro menuju arah pasar dan berakhir di dekat Tugu Naga di Jalan Niaga.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/02/09/130500427/ini.rute.pawai.lampion.dan.tatung.cap.go.meh.di.singkawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *