Kanagawa, Destinasi “Antimainstream” Yang Keren Di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com – Semenjak pemerintah Jepang membebaskan turis Indonesia untuk masuk negara mereka tanpa visa, semakin banyak wisatawan Indonesia yang mengunjungi negara tersebut.

Jumlah wisatawan Indonesia ke Jepang semakin meningkat tiap tahunnya. Tahun lalu, sebanyak 270.000 wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang. Ini adalah jumlah terbanyak turis Indonesia ke Jepang.

Meski begitu, mayoritas turis Indonesia masih terpaku pada destinasi mainstream yakni Golden Route (Tokyo, Kyoto, Osaka). Banyak wilayah di Jepang yang tak kalah keren dengan Golden Route tersebut. Salah satunya adalah Prefektur Kanagawa.

Prefektur Kanagawa terletak di selatan Tokyo, hanya 30 menit perjalanan naik kereta dari Bandara Haneda.

Bisa dibilang, Kanagawa adalah destinasi liburan bagi warga Tokyo. Prefektur ini menawarkan beragam jenis destinasi mulai dari alam, budaya, sampai kota industri.

BACA JUGA: Begini Indahnya Musim Sakura di Jepang

Beberapa daerah di Kanagawa yang menjadi sorotan antara lain Yokohama, Kamakura, Fujisawa-Enoshima, Kawasaki, Miura, Odawara, dan Hakone.

“Yokohama adalah kota pelabuhan modern. Di sini banyak tempat unik seperti Raumen Museum (museum ramen), Cup Noodle Museum, juga bisa cruise sambil makan malam,” tutur Dini dari PT TIJ Relasi Indonesia selaku Kanagawa Representative Office di Indonesia dalam seminar di Hotel Menara Peninsula, Sabtu (11/2/2017).

Sementara itu, lanjut Dini, Kawasaki adalah daerah pabrik yang memiliki panorama cantik saat malam. 

“Di Kawasaki juga terdapat Museum Fujiko F Fujio dan Japan Open Air Folk House Museum yang merupakan museum terbuka berisi rumah-rumah tradisional Jepang,” tambahnya.

Di Kamakura, terdapat patung Buddha raksasa dengan tinggi 11 meter. Di Odawara, terdapat salah satu kastil tertua di Jepang yakni Odawara Castle yang menjadi contoh bagi kastil-kastil lainnya di Jepang.

“Sementara di Miura, jenis sakuranya mekar paling cepat dibanding daerah lainnya di Jepang. Sakura di Miura mekar awal Februari hingga awal Maret, sementara di daerah lainnya biasanya mekar akhir Maret atau awal April,” papar Dini.

BACA JUGA: Catat, Waktu Terbaik Melihat Mekarnya Sakura di Jepang

Soal wisata kuliner, Kanagawa punya beberapa ikon yang tak boleh dilewatkan untuk dicicipi. Cobalah menyambangi Hakone, tempat asal “telur hitam” alias kuro tamago.

“Telur ini direbus di mata air dengan kandungan sulfur yang tinggi. Orang lokal percaya bahwa makan kuro tamago satu butir saja bisa menambah usia hingga tujuh tahun,” tambah Dini.

Selain tempat-tempat tersebut, lanjut Dini, banyak destinasi lainnya yang patut dikunjungi di Kanagawa. Terlebih lagi, banyak spot untuk melihat indahnya Gunung Fuji.

“Misal dari Enoshima Island di Fujisawa, atau Lake Ashi di Hakone. Pemandangannya sungguh indah,” tutupnya.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/02/12/123800727/kanagawa.destinasi.antimainstream.yang.keren.di.jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *