“Ledakan” Dari Cirebon

PULUHAN tahun lalu, bakpia khas Cirebon, Jawa Barat, yang dikenal dengan nama atom hanya terselip di deretan berbagai jajanan pasar tradisional.

Namun, lewat ide Fauzi Fahmi (39) dan tangan istrinya nan terampil, Ayu Widianti (30), serta bantuan pemasaran Hanifah (38), atom cirebon kini ”meledak” hingga ke luar negeri.

Sejam sebelum mal besar di Kota Cirebon, Jawa Barat, tutup, Ayu masih sibuk memenuhi permintaan konsumen Tomcir, singkatan dari Atom Kota Cirebon.

Di kios berukuran 2 meter x 1 meter itu, Ayu membakar atom isi cokelat dan durian. Aroma wangi makanan mengundang pengunjung mal yang sedang melintas.

”Tomcir sekarang ada di mal,” sapa Ayu, beberapa waktu lalu.

(BACA: Jalan-jalan Seharian di Cirebon, Contek Itinerary Berikut)

Pada Maret 2016, produk buatan tangan Ayu itu dipamerkan di Cirebon Super Blok, Kota Cirebon, sebagai salah satu oleh-oleh khas Cirebon. Saat itu, hanya Warung Tomcir di Jalan Pemuda yang menjajakan kue tradisional.

Kini, ada tiga kios di wilayah Cirebon yang secara khusus menjajakan Tomcir.

Sejumlah lokasi kuliner ternama di Cirebon, seperti Empal Gentong H Apud dan Mang Dul, serta sejumlah toko oleh-oleh khas Cirebon, turut menjual bakpia tersebut.

Kondisi ini sangat berbeda dengan puluhan tahun lalu, ketika atom hanyalah camilan biasa yang terperangkap dalam stoples. Kue berisi kacang hijau itu terselip di antara jajaran penganan di pasar tradisional.

”Padahal, atom adalah kue tradisional Cirebon. Waktu kecil, saya masih mencicipinya,” ujar Fauzi.

(BACA: Cirebon Andalkan Wisata Kuliner dan Belanja)

Namun, warga Cirebon, khususnya anak muda, tidak banyak yang tahu perihal warisan kuliner tersebut.

Ingatan Fauzi tentang atom sontak muncul ketika ia berwisata ke Pangalengan, Bandung, Jabar. Daerah wisata tersebut menyajikan bakpia khas Pangalengan. Ia merasa miris. Sebab, atom Cirebon tak jelas nasibnya.

”Dari situ saya punya keinginan bagaimana membuat atom yang nantinya menjadi oleh-oleh khas Cirebon,” ungkapnya.

Idenya, isi atom harus lembut, berbeda dengan bagian luarnya yang keras. Pegawai negeri sipil di Pemerintah Kota Cirebon ini lalu menantang Ayu untuk membuat atom yang berbeda.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/02/26/200400527/.ledakan.dari.cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *