Menyusuri Brugge, Kota Terindah Di Belgia

KOMPAS.com – Brugge (dalam bahasa Belanda, baca: bru-khey) atau Bruges (dalam bahasa Perancis, baca: brus) adalah Kota Wisata yang merupakan ibu kota Provinsi West-Flanders yang terletak di bagian barat laut Belgia.

Kota ini terkenal akan kota tuanya yang terpelihara dengan baik dan kanal-kanalnya yang sangat menarik untuk ditelusuri.

Banyak yang menyebut kota ini adalah salah satu kota terindah di Belgia sehingga banyak sekali turis mengunjungi kota ini.

ARYA DARU PANGAYUNAN Pemandangan dari salah satu sudut Kota Brugge di Belgia.

Selama di Belgia, saya menginap di Brussel, ibu kota Belgia. Untuk mencapai Brugge dari Brussel, saya memilih salah satu moda transportasi tercepat yaitu kereta api.

(BACA: Menjelajah Kota Tua Amersfoort di Belanda)

Tiket kereta api dapat dibeli di Stasiun Bruxelles Central dengan harga 15,6 Euro pulang pergi, dengan waktu tempuh tidak sampai dua jam.

Pada umumnya, jika berwisata mengunjungi kota-kota di Eropa, yang menjadi tujuan utama adalah centrum atau bagian pusat kota karena biasanya pusat kota di setiap kota di Eropa memiliki keunikan yang berbeda.

ARYA DARU PANGAYUNAN Kereta kuda di Brugge, Belgia.

Dari stasiun kereta api Brugge ke centrum, kita dapat berjalan kaki selama 20 menit, atau 10 menit menggunakan bus dengan tarif 3 Euro.

Jalanan di pusat kota Brugge cukup sempit sehingga jarang ditemui mobil.

(BACA: Dharma Shanti Nyepi dan Pray for Brussels di Belgia)

Jauh lebih banyak jumlah pejalan kaki, pesepeda, dan kereta kuda, sehingga benar-benar terasa seperti berada di abad pertengahan, terlebih lagi jalanan di pusat kota dilapisi batu sehingga memperkuat kesan tersebut.

ARYA DARU PANGAYUNAN Patung Jan Breydel dan Pieter de Coninck di Brugge, Belgia.

Di pusat kota Brugge, banyak tempat unik yang dapat dilihat, antara lain patung Jan Breydel dan Pieter de Coninck yang merupakan pahlawan Flemish.

Selanjutnya, the Belfry, menara lonceng setinggi 83 meter dengan 366 anak tangga, Museum Groeninge yang memamerkan karya-karya seni seniman Flemish, Torture Museum atau museum penyiksaan yang memamerkan alat-alat penyiksaan dari abad pertengahan.

Berikutnya, Begijnhof, yang merupakan taman dengan pepohonan dengan bentuk yang unik, Minnewater, danau berbentuk persegi empat dengan suasana yang sangat romantis, Gereja Our Lady serta Katedral St. Salvators yang megah; dan masih banyak lagi.

ARYA DARU PANGAYUNAN Kemeriahan pawai warga setempat di Brugge, Belgia.

Terdapat banyak restoran dan kafe yang menjajakan hidangan khas Belgia, seperti mussels atau kerang, dan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Belgia adalah belgian waffle.

Banyak pula chocolatiers yang menjual cokelat khas Belgia. Toko suvenir juga gampang didapat jika anda mencari cenderamata dari Brugge.

Selama di Brugge, saya sangat merekomendasikan agar wisatawan mengunjungi Gereja Our Lady atau Onze-Lieve-Vrouwekerk dengan biaya masuk 4 Euro.

ARYA DARU PANGAYUNAN Patung Madonna and child (tengah bawah) di dalam Gereja Our Lady di Brugge, Belgia.

Gereja ini menarik untuk dikunjungi karena menyimpan salah satu karya seniman Italia dari tahun 1501, Michelangelo, yaitu patung Madonna and Child.

Patung tersebut merupakan satu-satunya karya seni yang dibawa keluar dari Italia di masa hidup Michelangelo.

Saya cukup beruntung di siang hari setelah selesai mengunjungi Gereja Our Lady, terdapat pawai, semacam karnaval yang diikuti oleh warga setempat menggunakan kostum-kostum unik, membagi-bagikan permen, dan melemparkan konfeti kepada para wisatawan yang menonton. Sangat meriah dan mengesankan.

ARYA DARU PANGAYUNAN Wisatawan mengikuti boat tour di Brugge, Belgia.

Salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan di Brugge adalah mengikuti boat tour di mana kita dapat melihat sisi lain Brugge dengan menyusuri kanal-kanalnya menggunakan perahu. Tarif boat tour selama 30 menit adalah 8 Euro.
 
Pengemudi perahu memandu para wisatawan menggunakan bahasa Perancis dan Inggris menjelaskan mengenai obyek-obyek yang dilewati, seperti Menara Lonceng Gereja Our Lady dan Katedral St. Salvators.

Kita juga dapat melihat berbagai kafe unik sepanjang kanal serta tempat pembuatan bir. Belgia sangat terkenal akan birnya. (ARYA DARU PANGAYUNAN, diplomat muda Kemenlu yang saat ini menjalani pelatihan diplomasi di Clingendael Academy, Den Haag, Belanda)
Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/17/101048727/menyusuri.brugge.kota.terindah.di.belgia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *