Puri Ubud Bali Siap Terima Kunjungan Raja Salman

JAKARTA, KOMPAS.com – Puri Ubud di Kabupaten Gianyar, Bali siap untuk menyambut kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan rombongan.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Agung Yuniartha.

“Iya, Puri Ubud siap menerima raja (Salman) kalau pihak raja berkeinginan ke Puri Ubud. Namun dari pihak raja belum ada konfirmasi,” kata Agung saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (4/3/2017) malam.

(BACA: Raja Salman Liburan di Bali, Ini 3 Obyek Wisata yang Akan Dikunjungi)

Agung menambahkan Raja Salman dan rombongan akan disuguhkan tarian-tarian Bali. Namun, menurutnya hal itu bergantung pada konfirmasi dari pihak Kerajaan Arab Saudi.

“Bukan Puri Ubud (yang) menawarkan diri. Kalau mereka siap menerima kedatangan raja sewaktu-waktu jika Raja Salman berkeinginan ke Puri Ubud,” jelasnya.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi wisatawan saat mengunjungi pasar tradisional di Pasar Ubud, Gianyar, Bali beberapa waktu lalu.

Tokoh Puri Ubud, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau akrab disapa Cok Ace mengatakan acara Raja Salman di Bali memang masih tertutup. Namun, menurutnya, beberapa tempat wisata termasuk Puri Ubud sudah disiapkan untuk dikunjungi.

“Sampai tadi agenda raja selama di Bali hanya tinggal di hotel. Tapi segala kemungkinan bisa terjadi. Dan apabila Ubud menjadi salah satu tujuan raja atau kerabat raja, maka momentum itu akan kita gunakan untuk lebih banyak memperkenalkan seni dan budaya kita,” kata mantan Bupati Gianyar itu saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (4/3/2017).

(BACA: Menpar Arief Yahya Sapa Raja Salman di Bali, Apa Balasannya?)

Menurutnya, Puri Ubud tidak melakukan persiapan khusus untuk menyambut Raja Salman. Hal itu, lanjut Cok Ace, lantaran seni dan budaya sudah merupakan nafas kehidupan masyarakat Ubud.

“Kami belum tahu point of interest Kerajaan Arab Saudi, tapi kalau sampai tertarik untuk melihat Ubud, berarti beliau tertarik dengan budaya. Dan kalau dugaan saya benar maka yang perlu diperkenalkan adalah budaya,” ujar laki-laki yang juga menjabat Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali itu.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Wisatawan menikmati pemandangan areal persawahan berundak di Tegallalang, Gianyar, Bali, Jumat (5/12/2014). Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali pada 2014 ditargetkan 3,5 juta orang. Hingga Agustus 2014, jumlah wisatawan mancanegara ke Bali 2,5 juta orang.

Raja Salman tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali, Sabtu (4/3/2017) sekitar pukul 17.53 Wita.

Raja Salman disambut Tari Pendet di Bandara Ngurah Rai yang dibawakan oleh 50 penari cilik dari Sanggar Tari Sawitri yang merupakan binaan Dinas Kebudayan Provinsi Bali.

Dari Bandara Ngurah Rai, rombongan Raja Salman langsung bertolak ke Hotel St Regis, Nusa Dua, tempat Raja Salman menginap sampai Kamis mendatang.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/05/100200227/puri.ubud.bali.siap.terima.kunjungan.raja.salman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *