Semarang Great Sale Harus Berskala Internasional

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap Semarang Great Sale 2017 bisa menjadi agenda berskala internasional. Harapan tersebut didukung besarnya potensi wisata di Kota Semarang.

“Saya harapkan ini tidak hanya domestik dan mulai ke sana (Semarang Great Sale). Sudah internasional,” kata Arief seusai peluncuran Semarang Great Sale 2017 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Menpar berharap Semarang Great Sale 2017 tetap konsisten dalam segi waktu penyelenggaraan. Sementara, Arief menyebut Kota Semarang punya berbagai potensi untuk mendukung penyelenggaraan Semarang Great Sale menjadi event internasional.

Kalau andalan, jangan khawatir, kuliner ini wisata belanja. Wisata kuliner itu kontribusinya 30 persen dari total belanja. Kuliner itu top of mind dari Semarang itu banyak sekali,” jelasnya.

Kompascom/Nazar Nurdin Lumpia Semarang

Menurutnya, salah satu kuliner yang sangat identik dengan Kota Semarang adalah lumpia. Ia menyebut wisatawan biasanya identik mengaitkan kuliner lumpia dengan Kota Semarang.

“Bandeng presto juga (dikenal di) Semarang. Untuk budaya bagus, wisata alamnya banyak. Jadi saya tidak khawatir (Semarang Great Sale menjadi event internasional),” ujar Arief.

Menurutnya, agenda berskala internasional akan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Semarang. Kota Semarang bersama Yogyakarta ditargetkan bisa dikunjungi wisatawan mancanegara sebanyak 2 juta orang.

Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Semarang Arnaz Agung Andrasmara mengatakan Semarang Great 2017 merupakan ajang tahunan yang memasuki tahun ketujuh. Menurutnya, tahun ketujuh ini menunjukkan indikator terkait Kota Semarang bisa menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Tengah.

ARSIP KEMENPAR Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka acara Semarang Great Sale 2017 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Selasa (14/3/2017). Semarang Great Sale diadakan pada tanggal 7 April sampai 7 Mei 2017.

Semarang Great Sale 2017 akan berlangsung selama satu bulan penuh dari 9 April hingga 7 Mei 2017. Acara ini juga diselenggarakan dalam rangka ulang tahun Kota Semarang.

Asosiasi yang ikut serta dalam Semargres antar lain  Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jateng, Asosiasi Pengusaha Pandanaran Semarang (APPS), Airline Operating Committee (AOC), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), mal, kalangan pedagang pasar, dan pedagang kali lima (PKL).

Ketua Penyelenggara Semarang Great Sale 2017, Mei Kristiani mengatakan diskon yang diberikan dari pengusaha ritel berkisar 70-80 persen. Selain itu delapan maskapai penerbangan juga berpartisipasi dalam Semarang Great Sale 2017.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/15/182500027/semarang.great.sale.harus.berskala.internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *