Sensasi Makan Kepiting Dengan Bobot Satu Kilogram

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepiting dikategorikan berukuran jumbo jika memiliki bobot lebih dari sembilan ons. Informasi tersebut disebutkan oleh koki Dapur Seafood yaitu Rudy.

Hari itu, Sabtu (25/2/2017), Rudy memasak lebih dari empat kepiting jantan jumbo untuk acara soft opening Dapur Seafood di Penjaringan, Jakarta Utara.

“Kepiting jumbo di sini dari perairan Kalimantan, Sulawesi, dan Bekasi. Capit kepitingnya harus dibuka pakai palu. Kalau pakai tang biasa bisa rusak tangnya,” kata rekan Rudy.

Kepiting yang sudah dimasak tersebut memang membuat takjub. Semua orang sibuk mengabadikannya dengan kamera. Sebab dengan bobot satu kilogram, satu kepiting saja memenuhi satu mangkok besar, seukuran wajan diameter kecil.

BACA: Makan Kepiting Pakai Sendok dan Garpu, Ini Caranya…

Saya adalah orang yang cukup beruntung mendapat bagian capit kepiting. Bagian ini adalah bagian kepiting yang paling banyak dagingnya, seringkali menjadi rebutan banyak orang. Ukuran capitnya hampir memenuhi satu piring.

Seperti saran yang diberikan, saya memukul capit kepiting saos singapura itu dengan palu yang biasa digunakan untuk membuat daging sapi menjadi empuk.

Capit kepiting raja super jantan di Dapur Seafood.

“Tuk, tuk, tuk,” tiga kali pukulan, retak juga akhirnya capit tersebut. Daging putihnya tampak mencuat, membuat para pecinta hidangan laut tergiur melihatnya.

Disiram saos singapura yang memilii rasa gurih dan pedas, rasa capit kepiting tersebut jadi luar biasa nikmat. Daging kepiting jantan jumbo ini sangat padat, memiliki tekstur yang lebih kenyal dibanding daging kepiting kecil yang cenderung berserat.

Kenikmatan makan capit kepiting jumbo ini ditambah dengan kemudahan saat makan. “Ini disedot gampang sekali, nggak seperti kepiting kecil,” kata rekan media lain.

BACA: Makan Kepiting Langsung dengan Cangkangnya

Saya setuju, tak perlu repot mencungkil daging kepiting yang terselip di bagian yang keras, semua daging bisa bersih dinikmati dengan mudah.

“Daging kepiting jantan memang lebih banyak dari yang betina,” kata Rudy.

Empat saos andalan yang biasa ia padukan dengan kepiting adalah saos padang, saos lada hitam, saos singapura, dan saos telur asin. Saya sempat menjajal saos lada hitam, dan rasa lada hitamnya begitu kuat dan medok. Sangat cocok bagi pecinta pedas. 

Tentunya untuk menyantap kepiting jantan jumbo ini tidaklah murah. Di Dapur Seafood harga satu ons kepting jantan jumbo yang diberi nama Kepiting Raja Super Jantan adalah Rp 64.900. Harganya tidak berbohong dengan rasa dan kemudahan saat makan kepiting jantan jumbo tersebut.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/02/26/100200727/sensasi.makan.kepiting.dengan.bobot.satu.kilogram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *