Seru! Wisata “River Tubing” Di Gading Wetan

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Obyek wisata air di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, terus bertambah. Kali ini ada di Kecamatan Gading, tepatnya di Desa Gading Wetan. Namanya river tubing, arung jeram menyusuri sungai dengan ban.

Karena banyak yang berwisata di sana, Gading mulai terkenal. Gading bukan hanya tempat Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi berada. Gading menyimpan potensi wisata terpendam.

Wisata baru tersebut dikenal sebagai river tubing Gading Wetan. Karena masih baru, harganya murah dan masih promosi. Fasilitas berupa kafe, tempat pemandian, tempat ganti baju, masih dibangun untuk pengembangan.

River tubing di Gading dipatok Rp 50.000. KompasTravel berkesempatan menjajal tubing Gading Wetan, Minggu (12/3/2017).

(BACA: River Tubing Itu Asyik, Asal…)

Peserta berkumpul dan mengenakan helm, pelampung, dan pelindung kaki dan tangan di rumah Kades Gading Wetan, Supriyono. Kemudian, peserta naik mobil pikap menuju titik start tubing.

Selama perjalanan, peserta menikmati pemandangan alam dan hijau yang masih alami. Maklum, Gading merupakan kecamatan dataran tinggi.

Setelah sampai di garis start, peserta satu per satu menaiki ban dan mengarungi Sungai Pandan Laras yang memiliki lebar 10 meter, didampingi 10 guide dan tim penyelamat.

Wisata river tubing dimulai. Wisatawan menyusuri sungai yang dipenuhi bebatuan dengan arus sungai deras. Seru dan merangsang adrenalin. Karena ban beberapa kali membentur batu dengan kecepatan tinggi. Belum lagi adanya curam sungai di sejumlah titik.

(BACA: Seluruh Peserta Take Me Anywhere 2 Setuju, Cave Tubing Kalisuci Seru!)

Peralatan keselamatan sangat berguna. Sebab, beberapa kali tubuh peserta membentur batu, karena kaki dan tangan berada di paling luar ban. Satu-satunya yang tidak dilindungi adalah bokong.

Beberapa kali peserta meringis kesakitan karena batunya membentur dan bergesekan dengan batu.

Meski anggota tubuh kesakitan, suasana river tubing tetap asyik. Para peserta kerap berteriak girang, senang dengan wisata air tersebut.

Apalagi saat mereka jatuh tercebur dan terlepas dari ban saat melintasi jeram yang dalam, mereka berteriak heboh dan senang.

Jarak yang ditempuh sejauh 2,5 km. Para peserta harus lima kali parkir di pinggir sungai, karena 10 guide harus standby di depan mereka melihat jalur yang agak berbahaya.

Setelah puas mengarungi sungai, mereka diberi kejutan oleh pengelola river tubing Gading Wetan. Sesampai di dam yang merupakan garis finish, wisatawan diajak melompat ke sungai dari atas dam setinggi 6 meter.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/13/075200527/seru.wisata.river.tubing.di.gading.wetan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *