Tarian Nusantara Jadi Magnet Paviliun “Wonderful Indonesia” Di ITB Berlin

BERLIN, KOMPAS.com – Internationale Tourismus Borse (ITB) tengah digelar di Berlin, Jerman. Pameran pariwisata terbesar sedunia itu digelar mulai 8-12 Maret 2017.

Layaknya tahun-tahun sebelumnya, Indonesia juga berpartisipasi dan memiliki paviliun sendiri. Kali ini paviliun Indonesia berbentuk kapal phinisi. Kementerian Pariwisata juga memboyong para penari dari berbagai daerah seperti Bali, Betawi, Papua, dan Aceh.

Pada Kamis (9/3) pukul 17.00 waktu setempat, para pengunjung ITB Berlin disuguhi tarian. Ratusan pasang mata dibuat “terhipnosis” oleh tarian-tarian Nusantara. 

“Memang bagus, semua musiknya riang, ritmenya cepat, gerakannya enak dilihat dan bisa sambil bergoyang-goyang,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya seperti dikutip dari rilis Kemenpar, Sabtu (11/3/2017).

BACA: Tari Guel dan Pacu Kude, Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Selain tarian, hal lainnya di paviliun Indonesia yang menarik minat banyak pengunjung adalah kopi. Paviliun Indonesia menyediakan kopi dari berbagai daerah. Tiap hari, ratusan bahkan ribuan gelas kopi habis dikonsumsi pengunjung. 

Di sudut belakang paviliun, terdapat pula spa corner yang didesain dengan suasan pantai. Pengunjung bisa berfoto di atas ayunan, lengkap dengan backdrop pantai ala Gili Trawangan. 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/11/130600327/tarian.nusantara.jadi.magnet.paviliun.wonderful.indonesia.di.itb.berlin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *