Yuk, Serbu 20.000 Durian Di Festival Durian Semarang 2017

Semarang, KOMPAS.com – Semarang sebagai salah satu kota penghasil durian di Jawa Tengah kembali mengadakan acara Festival Durian.

Seperti tahun sebelumnya, Festival Durian 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kota Semarang ini berlokasi di obyek wisata Goa Kreo, Kecamatan Gunung Pati, Semarang.

Festival durian tersebut dimulai tanggal 24 hingga 26 Februari 2017. Sedangkan tanggal 23 Februari diselenggarakan doa bersama, beserta potong tumpeng sebelum acara dimulai esok harinya.

“Kita mau tetap mengangkat Citra Kota Semarang sebagai penghasil buah durian unggul, Mendapatkan buah durian berkualitas unggul yang nantinya dapat dikembangkan, dan sebagai Ajang Promosi Wisata Agro Kota Semarang,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Rusdiana dalam rilis yang diterima KompasTravel, Rabu (22/2/2015).

(BACA: Mana yang Benar, Harga Durian Dihitung Per Butir atau Kilogram?)

Selama tiga hari pelaksanaan tersebut, ada banyak rangkaian acara yang disielenggarakan, di antaranya lomba durian unggul, lomba makan durian, bursa durian, gunungan durian, lomba mengukir dan merangkai buah, senam konservasi durian, dan fashion show.

Bursa durian sendiri diselenggarakan sepanjang acara berlangsung. Wisatawan dapat menikmati durian unggul tak hanya dari Semarang, 100 stan siap menawarkan durian dari berasal dari Semarang, Kalimantan, Sumatera, dan daerah pulau Jawa Lainnya.

TRIBUN JATENG/M SYOFRI KURNIAWAN Lomba durian di Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (6/2/2016).

“Jangan takut kekurangan durian, karena kita sudah bekerjasama dengan ratusan petani dan pedagang tak hanya dari Semarang, dan berhasil mengumpulkan 20.000 durian untuk festival nanti,” ujar Tanti Aqsha, selaku pelaksana acara Semarang Festival Durian 2017 kepada KompasTravel.

Ia menjelaskan, dari Semarang, durian unggul yang siap dikeluarkan adalah durian monti sebagai jawara tuan rumah, juga ada durian tembaga, dan durian kholil.

Untuk penjualan di bursa durian, penyelenggara tidak mematok harga, tetapi kisaran harga durian yang ditawarkan petani lokal mulai Rp 50.000 hingga 100.000 per kilogramnya.

Tak kalah menariknya, dalam festival ini juga terdapat lomba durian unggul dari berbagai daerah.

Kendati musim hujan di tahun ini yang kurang menguntungkan bagi petani durian, tetapi berbagai durian unggul siap dilombakan, beberapa juara bertahan pun diizinkan ikut kembali berlomba.

“Pesertanya khusus durian unggul Semarang, penilaiannya dari rasa, tekstur, warna, ketebalan dan yang lainnya. Pemenangnya diumumkan tanggal 25 (Februari) saat pembukaan. Sampai sekarang sudah ada 60 peserta,” ujar Tanti.

Untuk masuk ke area festival, wisatawan tidak dipungut biaya. Acara dimulai pukul 08.00 setiap harinya hingga sore hari, pukul 17.00.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/02/23/210900727/yuk.serbu.20.000.durian.di.festival.durian.semarang.2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *